Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Batam Sosialisasikan Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan Ideologi di SMAN 20 Batam

Sebagai bentuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan wawasan kebangsaan dan bina ideologi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kota Batam bersama institusi terkait menggelar Sosialisasi di lingkungan sekolah di SMA Negeri 20 Batam, Selasa (1/3/2022) pagi.

Efryadi, SH,M.Si, Kabid Bina Ideologi dan Wasbang di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kota Batam mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan ideologi bangsa, dengan sasaran pelajar SLTA sederajat yang ada di wilayah Kota Batam.

“Sosialisasi ini digelar dalam rangka memberikan pemahaman tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan ideologi, yang menjadi dasar negara Indonesia. Sehingga kedepannya tidak ada lagi generasi muda bangsa yang tidak memiliki karakter jiwa kebangsaan, dan tetap menjunjung tinggi ideologi bangsa,” tegasnya.

Pihaknya pun sangat berharap kepada siswa dan siswi agar bisa memahami apa itu wawasan kebangsaan dan ideologi bangsa, sehingga dapat diterapkan di dalam lingkungan sekolah maupun kehidupan sehari-hari.

“Harapan terbesar kita itu, sehingga mereka ini yang merupakan generasi penerus bangsa bisa menangkal hal-hal negatif sejak dini,” tegasnya.

Sementara itu, Adi Saputra, MPd Kepala SMAN 20 Batam menyambut baik kegiatan tersebut, dan mengapresiasikan setinggi-tingginya apa yang sudah dilakukan oleh Kesbangpol Pemko Batam tersebut.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai-nilai patriotisme pada generasi muda di Kota Batam,” terangnya.

Pada momen tersebut, sejumlah narasumber berkualitas dihadirkan. Dengan beragam materi dihadirkan. Mulai dari pentingnya Wawasan Kebangsaan yang merupakan pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu dan berdaya saing, serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap Tanah Air.

Mengingat, Wawasan Kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya, yang didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan nasional.

“Dengan semakin kuat dan kokohnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan, diharapkan dapat menjadi benteng kokoh dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari berbagai pengaruh, utamanya perkembangan teknologi dan informasi yang tidak dapat kita hindari,” terang narasumber.(Awo)